Sabtu, 08 Januari 2011

WBS dalam PI "Aplikasi Permainan Edukatif Menggunakan Macromedia Flash 8"

Tugas Analisis Kinerja Sistem
Eka Rachmadini - 17110254 - 4KA18

WBS (Work Breakdown Strructure) adalah mtode yang digunakan dalam pengorganisasian sebuah proyek, yang berguna untuk manajemen proyek dan rekayasa sistem, atau dengan kata lain adalah alat yang digunakan untuk mendefinisikan dan kelompok sebuah proyek yang diskrit elemen kerja dengan cara yang membantu mengatur dan menentukan ruang lingkup kerja total proyek. Pada dasarnya WBS merupakan suatu daftar yang bersifat top down dan secara hirarkis menerangkan komponen-komponen yang harus dibangun dan pekerjaan yang berkaitan dengannya.

Struktur dalam WBS mendefinisikan tugas-tugas yang dapat diselesaikan secara terpisah dari tugas-tugas lain, memudahkan alokasi sumber daya, penyerahan tanggung jawab, pengukuran dan pengendalian proyek. Pembagian tugas menjadi sub tugas yang lebih kecil tersebut dengan harapan menjadi lebih mudah untuk dikerjakan dan diestimasi lama waktunya.

Cara membuat WBS dengan contoh sesuai dengan PI Aplikasi Permainan Edukarif Menggunakan Macromedia Flash 8
Hal yang dilakukan dalam Penulisan Ilmiah ini adalah pertama yang dilakukan dalam membuat aplikasi ini dalam penulisan ilmiah ini adalah observasi. Observasi yang dilakukan dalam hal ini adalah dengan melihat contoh-contoh permainan edukatif untuk anak-anak umur 5-6 tahun yang tersedia di toko-toko buku ataupun secara online.
Kemudian contoh-contoh tersebut dilihat dan diteliti sejauh mana batasan permainan yang digunakan untuk anak-anak usia 5-6 tahun.
Setelah itu melakukan rancangan, dengan mendisain gambar dan permainan yang akan dibuat. Lalu contoh-contoh tersebut diterapkan ke dalam komputer untuk dibuat permainan edukatif yang lebih populer dengan sebutan education game yang berbasis komputer.
Pembuatan aplikasi ini menggunakan perangkat utama Adobe Phtoshop dan Macromedia Flash 8.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar