Sabtu, 05 Maret 2011

Sabar Dalam Menghadapi Cobaan (Manusia dan Penderitaan)

Penderitaan dan kata derita. Kata derita berasal dari kata bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau bathin, atau lahir bathin. Penderitaan bisa terjadi kepada setiap manusia yang hidup di duinia ini.

Penderitaan bisa dialami karena perbuatan yang dilakukan oleh manusia itu sendiri. Yang berarti akibat dari perbuatan yang pernah dilakukannya dahulu. Misalnya seperti seorang mahasiswa yang yang bermalas-malasan untuk masuk kuliah. Akibatnya nilainya sangat jelek dan dia tidak dapat lulus dengan cepat. Dia harus lulus dengan waktu yang cukup lama dikarenakan syarat-syarat kelulusan belum terpenuhi. Ia harus berusaha dan berjuang lebih lama lagi untuk dapat lulus. Dan menurut saya ini adalah penderitaan, karena untuk lulus kuliah itu bukanlah hal yang mudah, apalagi dengan beban yang menumpuk seperti ini. Ini adalah penderitaan yang harus ia alami, karena perbuatan yang ia lakukan terdahulu.

Selain itu, penderitaan juga bisa muncul akibat bencana alam. Misalnya pada bencana alam Gunung Merapi yang belum lama ini terjadi. Sebelumnya para penduduk di desa tersebut hidup dengan kecukupan dan bahagia. Tapi, setelah bencana itu terjadi, sawah, rumah, ternak hancur. Bahkan sanak keluarga yang mereka punya pun ada yang melayang. Ini tentu saja membuat penderitaan bagi orang yang bertahan hidup dalam musibah ini. Baik penderitaan secara materil maupun secara psikis.

Namun, bagaimanapun juga Tuhan tidak akan memberika cobaan melebihi dari batas kemampuan umatnya. Teruslah percaya dan berjuang kalau penderitaan yang dialami dapat berlalu. Percaya bahwa semua akan indah pada waktunya.

Eka Rachmadini
17110254
4 ka 18

1 komentar: