Kamis, 24 Februari 2011

Indahnya Perbedaan (Manusia dan Keindahan)

Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna. Karena diberi akal, pikiran, perasa dan lainnya yang tidak dimiliki makhluk lain. Manusia adalah makhluk individu, karena mempunyai unsure seperti jasmani, rohani, psikis, fisik, jiwa dan raga yang menyatu dalam dirinya.
Setiap manusia pasti mempunyai keunikan dan cirri khas tersendiri. Baik dalam fisik maupun nonfisik. Sekalipun itu adalah kembar identik. Perbedaan itu dikarenakan factor fenotip, yaitu factor lingkungan dan factor genotip, yaitu factor yang dibawa sejak lahir.
Karena perbedaan itulah, secara kodrat manusia juga disebut sebagai makhluk sosial. Manusia sebagai individu membutuhkan komunikasi dan saling berhubungan dengan manusia lainnya. Tanpa bantuan manusia lainnya, manusia tidak mungkin bisa berjalan dengan tegak. Dengan bantuan orang lain, manusia bisa menggunakan tangan, bisa berkomunikasi atau bicara, dan bisa mengembangkan seluruh potensi kemanusiaannya.
Dengan adanya perbedaan sesama manusia itulah, maka muncul keindahan di antara pebedaan. Dimana setiap manusia yang satu akan saling tolong menolong kepada manusia yang lain untuk bekerja sama, dan bermasyarakat. Sikap bergotong royong, bertoleransi dan sebagainya.

Eka Rachmadini
17110254
4 ka 18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar