Kamis, 24 Februari 2011

Keseimbangan Hak dan Kewajiban (Manusia dan Tanggung Jawab)

Manusia adalah mahluk paling sempurna yang pernah diciptakan oleh Tuhan, itu karena manusia berbeda dengan makhluk lainnya dengan perbedaan yang sangat besar karena adanya karunia Tuhan yang diberikan kepadanya yaitu akal dan pemahaman. Kesempurnaan yang dimiliki oleh manusia merupakan suatu konsekuensi fungsi dan tugas mereka sebagai khalifah dimuka bumi ini.
Tanggung jawab adalah sesuatu yang harus kita lakukan agar kita menerima sesuatu yang di namakan hak.Tanggung jawab merupakan perbuatan yang sangat penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari,karena tanpa tanggung jawab,maka semuanya akan menjadi kacau.
Menurut Islam, setiap manusia merupakan pemimpin bagi dirinya sendiri. Dimana ia harus bertanggung jawab atas dirinya sendiri atas segala tidakan yang dilakukan semasa hidupnya. Dan ketika pada hari kiamat nanti, semua yang telah dilakukan, baik perbuatan baik atau buruk akan dipertanggungjawabkan.
Dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai manusia memang mempunyai dan harus menjalankan tanggung jawab kita. Dengan kita bertanggung jawab,kita akan dipercaya orang lain,selalu tepat melaksanakan sesuatu,mendapatkan hak dengan wajarnya. Selain itu, tanggung jawab juga menyangkut orang lain. Contoh sederhananya adalah seorang ayah yang bertanggung jawab mencari nafkah bagi keluarganya, agar kehidupan keluarganya tidak sengsara.

Eka Rachmadini
17110254
4 ka 18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar